Yogyakarta- Jumat, 30 Oktober 2022 Kontingen Daerah DI Yogyakarta memberangkatkan 20 orang peserta dan pendamping Saka Pramuka untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Nasional (Peransaka Nasional) tahun 2022 di Provinsi Bangka Belitung. Saka Bahari Yogyakarta Dinas Kelautan dan Perikanan DIY mengirimkan 3 perwakilan yang terdiri dari 1 orang peserta putra, 1 orang peserta putri, dan satu orang pendamping.

Peserta putra, Kak Luqman Misbahul Munir berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta dan merupakan perwakilan dari Kwarcab Saka Bahari Kota Yogyakarta sedangkan peserta putri, Kak Tia Astuti merupakan perwakilan dari Gugus Depan SMKN 1 Tanjungsari. Pendamping Saka Bahari Yogyakarta berasal dari SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan DIY yakni Kak Agasthya Kuswandi.

Peran Saka Tingkat Nasional memiliki tujuan menciptakan generasi muda yang memiliki daya saing dan menjadi agent of producer yang dapat menciptakan perubahan yang nyata. Serta menumbuhkan pola pikir yang inovatif yang dapat mendorong kreativitas dan daya inovasi anak bangsa, serta melibatkan anggota muda Gerakan Pramuka dalam memberikan kontribusi penting dan signifikan untuk menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif bagi kemajuan bangsa.

Peran Saka Nasional Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 2-9 Oktober 2022 yang bertempat di di Bumi Serumpun Sebelai, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada tanggal 2 Oktober 2022, Peserta Peran Saka Nasional Tahun 2022 menghadiri acara sambutan selamat datang dan festival kuliner nusantara. Acara resmi dibuka pada tanggal 3 Oktober 2022 oleh Kak Jonny yang merupakan perwakilan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI). Acara pembukaan juga dihadiri oleh Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Kak Ridwan Djamaludin (Pj. Gubernur Bangka Belitung ), Kak Melati Erzaldi (Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung), dan Kak Bachtiar Utomo (Sekretaris Jenderal Kwarnas).

Acara menarik lainya dari kegiatan Peransaka Nasional 2022 yakni Giat SAKA Academy yang merupakan salah satu rangkaian acara. Kegiatan berlangsung di subcamp disesuaikan dengan saka yang bersangkutan, dengan materi yang spesitif berdasarkan krida-krida atau hal terkait lainnya. Selain itu peserta juga diajak ke destinasi wisata. Beberapa destinasi yakni Pantai Batu Ketak, Parit  Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka merupakan destinasi wisata pertama pada kegiatan Sub Camp Peran Saka Nasional 2022.

Sub camp saka bahari dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung. Salah satu materi dalam sub camp tersebut yakni Water Rescue dan kode peluit di laut yang disampaikan Anggota TNI AL Bangka Belitung. Kegiatan lainnya di sub camp yakni mengunjungi KRI Kujang. KRI Kujang adalah Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Kapal Cepat Rudal yang pembuatanya dilakukan PT Palindo di Batam. KRI Kujang yang 100% pembuatannya di lakukan di PT Palindo Marine Industries, Tanjunguncang, Batam. Komandan Lanal Bangka Belitung, Kolonel Laut (P) Dadan Hamdani memberikan pengarahan dan bimbingan kepada 62 peserta Pramuka Peran Saka Bahari Nasional yang melaksanakan Subcamp di Mako Lanal Bangka Belitung Jalan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Kamis (06/10/2022). Kegiatan Subcamp dilaksanakan mulai 4 hingga 6 Oktober 2022 melibatkan sebanyak 62 peserta dari tiap Saka yang berasal dari 32 provinsi di Indonesia, didampingi  8 pembina Saka Bahari tingkat Nasional dan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada tanggal 7 Oktober 2022 terdapat kegiatan maincamp Saka Series. Masing-masing saka diperbolehkan untuk berkunjung ke saka lain untuk menggali berbagai informasi ke-saka-an. Salah satu rangkaian kegiatan Peran Saka Nasional adalah Satuan Karya (Saka) Series dan Sustainables Class pada Maincamp yang bertempatkan di Bumi Perkemahan Depati Amir Balun Ijuk, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peserta mengikuti kegiatan dianjungan satuan karya yang telah disediakan sesuai dengan rotasi kegiatannya.

Salah satu budaya asal Bangka Belitung yang ditampilkan dalam kegiatan Peransaka Nasional 2022 yakni Nganggung. Nganggung adalah budaya membawa makanan lengkap di atas dulang yang ditutup dengan tudung saji berwarna merah dan bermotif. Di dalamnya biasanya berisi nasi, lauk-pauk, buah-buahan, dan juga aneka kue. Acara ini untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peransaka Nasional Tahun 2022 ditutup pada tanggal 9 Oktober 2022, Malam penutupan Peran Saka Nasional ditandai dengan Upacara tutup adat Bhineka Tuggal Ika, sama seperti pada upacara pembukaan, upacara ini di laksanakan pada malam hari. Teknis pelaksanaan upacara tutup adat ini dengan mewakilkan 2 orang dari daerah masing-masing dan mengunakan pakaian adat. Dalam upacara tutup adat ini pempimpin upacara mencabut kapak sebagai simbol bahwa Peran Saka Nasional telah selesai. Hadir mengenakan Batik Khas Babel lengkap dengan kacu pramuka atau sering dikenal dengan nama hasduk, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi.