Produksi Perikanan Tangkap di DIY kini menunjukan trend yang positif. Produksi pada tahun 2021 mencapai 7.122 ton atau meningkat 108,81 % dibandingkan tahun 2020 yang hanya 6.545 ton. Data produksi hasil tangkapan ikan pada tahun 2021 menunjukkan Ikan cakalang, tuna, layur, layang dan bawal putih masih mendominasi hasil tangkapan nelayan di DIY dari tahun ke tahun. Data yang bersumber dari dinas perikanan kabupaten/kota sejatinya ini tidak serta merta langsung digunakan untuk berbagai tujuan. Perlu adanya proses validasi terhadap data-data yang ada. Proses validasi data Produksi Perikanan Tangkap adalah langkah pemeriksaan untuk memastikan bahwa data telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa data produksi perikanan tangkap yang akan dimasukkan ke basis data telah diketahui dan dapat dijelaskan sumber dan kebenaran datanya.

Mengingat arti penting dari validasti data tersebut tersebut maka Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dalam hal ini Sub Bagian Program dan Bidang Perikanan Tangkap mengadakan acara Validasi Pendataan Statistik Perikanan Tangkap DIY Tahun 2022 Acara ini dilaksanakan selama dua hari di Hotel Grand Keisha Condongcatur, Sleman, Yogyakarta pada hari Kamis dan Jumat tanggal 24-25 Maret 2022.  Pembiayaan acara sosialisasi bersumber dari dana Pusat Satker Perikanan Tangkap DIY TA.2022. Dalam acara tersebut panitia menghadirkan Narasumber dari BPS DIY, Bappeda DIY dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Acara sosialisasi dihadiri oleh kurang lebih 15 peserta yang terdiri dari Validator dan Backup Validator Data Statistik Perikanan Tangkap se Kabupaten Kota di DIY.

Selain melakukan validasi terhadap data produksi perikanan tangkap tahun 2021, inti dari acara validasi data statistik perikanan tangkap ini adalah penguatan pendataan produksi perikanan tangkap menggunakan aplikasi “excell terformat”.  Dengan penguatan penggunaan aplikasi excell terformat ini maka diharapkan proses penggunaan metodologi pendataan statistik yang benar sampai dengan kepercayaan pengguna data dapat tercapai.