Penandatanganan Rencana Kerja antara BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI (BPPT) dengan PEMERINTAH DAERAH DIY tentang Uji Coba Teknologi Elektronika Navigasi BPPT untuk meningkatkan keselamatan transportasi pelayaran dan upaya peningkatan kesejahteraan nelayan di wilayah DIY.

Pihak BPPT diwakili oleh Bapak Michael Andreas Purwoadi sedangkan pihak Pemda DIY diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bapak Bayu Mukti Sasongko. Penandatanganan Rencana Kerja ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 18 desember 2020 bertempat di Baron Technopark Gunung Kidul yang disaksikan oleh Bapak Mentari Riset dan Teknologi/ Badan Riset Dan Inovasi Nasional Bapak Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro P.Hd. dan pejabat-pejabat lingkup BPPT dan Dimas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul.

Harapannya dengan adanya PKS ini nelayan dapat menggunakan aplikasi AIS yang berfungsi untuk keselamatan pelayaran serta dapat mengoptimalkan penangkapan di laut. Untuk pengembangannya AIS Camar ini akan membantu nelayan dalam melaksanakan aktivitasnya. Nelayan tidak lagi mencari ikan tetapi menangkap ikan. Artinya nelayan bisa mengetahui koordinat ikan yg berkumpul sehingga bisa lebih menghemat waktu dan BBM.

Terimakasih Biro Tapem Setda DIY atas bantuannya.

Foto-foto kegiatan dapat diakses pada https://dislautkan.jogjaprov.go.id/gallery_detail/29