Forum Komunikasi Pimpinan Tinggi Kelautan dan Perikanan DIY dalam rangka pembahasan pembangunan PPI Gesing dan pengembangan data produksi perikanan yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 Januari 2020 di R.M Graha, Pantai Gesing, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Dalam acara ini dihadiri oleh  Kepala dinas, Sekretaris, Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Kepala Subbagian Program, Validator dan back up validator data seluruh kabupaten/Kota di DIY,  dan Dr. Ir. Djumanto, M.Sc.

Sesuai dengan visi Gubernur DIY tahun 2017-2022 yaitu Menyongsong Abad Samudera Hindia Untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Pantai Gesing harapannya dapat mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat jogja yang ada di sekitar Pantai Selatan DIY melalui produksi perikanan tangkap beserta usaha-usaha turunannya.

Pembangunan PPI Gesing bermula dari adanya audiensi antara Kepala Bappeda ke Bapak Gubernur DIY tentang rencana pengembangan Pantai Gesing. Oleh karena itu, kepala Bappeda DIY berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY melakukan kunjungan lapangan yang diikuti oleh DPRD DIY, Bappeda DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, HNSI DIY dan Gunungkidul, Bappeda Gunungkidul, Dinas Tata Ruang Gunungkidul, dan Staf Ahli Bupati Gunungkidul.

Selain pembahasan tentang pembangunan PPI Gesing, juga diadakan pembahasan tentang data produksi perikanan selama tahun 2019. Data sementara produksi pembenihan sebesar 1.434.125.000 ekor, produksi ikan hias sebesar 23.324.495 ekor, produksi pembesaran sebesar 109.548 ton, produksi garam sebesar 11.826 kg, dan produksi perikanan tangkap sebesar 6.370 ton.

Harapannya realisasi produksi baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap pada tahun 2020 dapat melebihi target yang telah disepakati bersama. Sehingga pembangunan kelautan dan perikanan diharapkan dapat menjadi salah satu penopang pembangunan perekonomian nasional yang berpihak pada penyediaan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses foto-foto lainnya https://dislautkan.jogjaprov.go.id/gallery_detail/23