Usai Pemilu, Kampanye Gemarikan Hadir Kembali

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta terus menggalakkan peningkatan konsumsi ikan di masyarakat melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).  Melihat angka konsumsi ikan di DIY tahun 2022 hanya sebesar 35,57 kg/kapita/tahun yang temasuk terendah secara nasional, sehingga perlu meningkatkan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan di DIY.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai peningkatan konsumsi ikan adalah kampanye Gemarikan. Kampanye Gemarikan tahun 2024 dimulai tanggal 28 Februari 2024 di Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul dan di Sumberan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul pada tanggal 4 Maret 2024. Sampai dengan tanggal 5 Maret 2024 sudah berlangsung 14 kegiatan kampanye Gemarikan.

Kampanye Gemarikan juga mempunyai tujuan untuk menurunkan angka stunting di DIY. Ikan dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan gizi di masyarakat, karena ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta asam lemak omega 3, 6, dan 9. Kandungan asam amino dan omega 3 pada ikan jauh lebih baik dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Kampanye Gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah, tetapi juga para pelaku usaha perikanan dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Kampanye Gemarikan juga dapat memberikan dampak positif terhadap industri atau pelaku usaha perikanan dan kelautan, terutama bagi nelayan dan pembudidaya ikan dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.

WhatsApp