Penyuluh swadaya adalah pelaku utama yang berhasil dalam usahanya dan warga masyarakat lainnya yang dengan kesadarannya sendiri mau dan mampu menjadi penyuluh. Seiring dengan keterbatasan jumlah penyuluh PNS maka peran penyuluh swadaya menjadi sangat penting dalam pembangunan perikanan Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama ini keberadaan penyuluh swadaya kurang mendapatkan perhatian khususnya dalam hal fasilitasi dan pembinaan dari instansi terkait. Selama ini mereka bekerja tanpa pamrih dalam penyelenggaraan penyuluhan secara mandiri. Seiring dengan banyaknya penyuluh yang memasuki masa pensiun maka keberadaan penyuluh swadaya harus difasilitasi agar semakin banyak penyuluh swadaya yang eksistensinya diakui. Oleh karena itu keberadaan penyuluh swadaya/swasta perlu ditingkatkan kapasitasnya agar dalam mengadakan penyuluhan sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam bidang penyuluhan.

Kegiatan Temu Teknis Penyuluh Perikanan Swadaya DIY diselenggarakan pada 07 Februari 2017 bertempat di Ruang Gurami Dinas Kelautan dan Perikanan DI.Yogyakarta dengan judul Pertemuan Koordinasi Penyuluh SwadayaDalam Rangka Pelayanan Penyuluh Perikanan Terstandar. Temu teknis kali ini mengundang para penyuluh swadaya DIY yang memiliki kompetensi bidang perikanan, penyuluh PNS kabupaten, serta stake holder terkait.

Temu teknis kali ini menghadirkan pembicara dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY dan Badan  Ketahanan  Pangan  Dan  Penyuluhan  DIY, dalam pertemuan tersebut menghadirkan 3 pembicara yaitu pertama oleh Dr. Suwarman Partosuwiryo dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY dengan materi “Dukungan Penyuluh Perikanan Swadaya Terhadap Peningkatan Produksi Perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta”.  Pembicara kedua disampaikan oleh Ir. Bayu Mukti Sasongka, Ms (Kabid Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan DIY) dengan materi ‘Sinergitas Peningkatan Daya Saing ProdukKelautandanPerikanan’. Materi yang ketiga disampaikan oleh Badan  Ketahanan  Pangan  Dan  Penyuluhan  Daerah  Istimewa  Yogyakarta dengan materi “PengembanganPenyuluhPerikananSwadayaDimasa Yang Akan Datang”.

Dalam Pertemuan ini diharapkan dapat menjadikan motivasi bagi para penyuluh swadaya agar tetap berdedikasi dan terus meningkatkan kinerjanya dalam pembangunan perikanan di provinsi DIY.(Fishprog, 2017).